PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ANALISIS REAL BERBASIS FLOW AND T-FORM PROOF DALAM MELAKUKAN PENALARAN PEMBUKTIAN
Peneliti | Dra. Helma, M. Si, |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ANALISIS REAL BERBASIS FLOW AND T-FORM PROOF DALAM MELAKUKAN PENALARAN PEMBUKTIAN |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Mata kuliah Analisis Real sangat diperlukan untuk mahasiswa calon sarjana matematika maupun pendidikan matematika. Mata kuliah ini bertujuan membentuk dan melatih penalaran rasional dan intuitif mahasiswa. Kenyataan menunjukkan bahwa mahasiswa kesulitan mengembangkan penalaran dalam memproses suatu pembuktian terhadap permasalahan yang diberikan, menstrukturkan pola pikirnya secara logis dalam melakukan analisis pendahuluan, melihat hubungan antar definisi dan teorema, dan hirarkhis keterurutannya. Dengan kata lain, mereka kesulitan dalam melakukan proses analisa berpikir dalam melakukan suatu penalaran pembuktian. Penyelesaian dari suatu pembuktian yang disajikan pada kebanyakan buku tidak memberikan secara jelas bagaimana proses penalarannya, sehingga mahasiswa tidak memahami analisa berpikirnya. Akibatnya, pembelajaran Analisis Real yang diberikan kurang bermakna bagi mahasiswa. Hal ini merupakan penyebab rendahnya minat dan prestasi belajar mahasiswa pada perkuliahan Analisis Real. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengembangkan bahan ajar bahan ajar Analisis Real berbasis Flow and T-Form Proof dalam melakukan penalaran pembuktian. Tujuan khusus penelitian adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari bahan ajar.