Model Instrument Evaluasi Blended Learning dalam Implementasi Kurikulum di Perguruan Tinggi
Peneliti | Dr. Alwen Bentri, M.Pd |
Judul Penelitian | Model Instrument Evaluasi Blended Learning dalam Implementasi Kurikulum di Perguruan Tinggi |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen penilaian blended learning dalam rangka akuisisi pengetahuan, sikap dan psikomotor. Model ini dibutuhkan sebagai referensi bagi dosen ketika melakukan pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan online learning tersebut. Dengan adanya instrumen penilaian ini penerapan blended learing dinilai dan dievaluasi sesuai dengan proses yang dilakukan. Artinya, pembelajaran tatap muka penilainnya dilakukan secara langsung, sedangkan penilaian online learning dilakukan juga secara virtual. Tujuan atau target khusus adalah; 1) Untuk menghasilkan instrumen penilaian blended learning di Perguruan Tinggi, dan 2) mengetahui validitas, dan praktikalitas instrumen tersebut. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP. Penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE