PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ISYARAT KATA KUNCI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK AUTIS USIA DINI
Peneliti | Dr. Marlina, S. Pd, M.Si |
Judul Penelitian | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ISYARAT KATA KUNCI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK AUTIS USIA DINI |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Salah satu masalah mendasar yang dialami anak autis usia dini adalah masalah komunikasi baik ekspresif maupun reseptif. Untuk itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak autis. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengembangan model pembelajaran isyarat kata kunci sebagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa pada anak autis usia dini. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji profil pengembangan dan menyusun panduan yang aplikatif bagi guru untuk mengkaji pengembangan isyarat kata kunci (2) mengkaji pengembangan model pembelajaran isyarat kata kunci sebagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa pada anak autis usia dini dan (3) mengkaji efektivitas melalui pengimplementasian model pembelajaran isyarat kata kunci sebagai upaya peningkatan keterampilan berbahasa pada anak autis usia dini