Perancangan Board Game Sebagai Alat Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Kuliah Akuntansi Syariah Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
Peneliti | Hendri Andi Mesta, MM |
Judul Penelitian | Perancangan Board Game Sebagai Alat Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Kuliah Akuntansi Syariah Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang |
Tahun penelitian | 2018 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Kota Padang |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan desain alat pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa untuk mata kuliah Akuntansi Syariah. Alat pembelajaran yang didesain adalah berupa papan permainan. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan adalah ; (1) melakukan pengumpulan data terhadap model pembelajaran dengan menggunakan papan permainan kepada mahasiswa dan beberapa dosen, (2) mengembangkan produk berdasarkan hasil penelitian, (3) melakukan uji lapangan atas rancangan produk, dan (4) mengurani devisiensi yang ditemukan dalam tahap ujicoba lapangan. Dengan perancangan papan permainan untuk mata kuliah Akuntansi Syariah ini diharapkan minat belajar mahasiswa akan meningkat, sekaligus pengetahuan dan ketrampilan, serta nilai moral yang mereka.miliki. .