Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. Jurnal Menata Vol. III, No. 1 Ta 2020.
Peneliti | Sesra Budio, MM dan Amul Husni Fadlan, M.A |
Judul Penelitian | Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. Jurnal Menata Vol. III, No. 1 Ta 2020. |
Tahun penelitian | 2020 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Pasaman |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Kemampuan kepala sekolah dalam memimpin dan mengelola setiap komponen sekolah mempengaruhi kesuksesan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Utamanya kemampuan kepala sekolah ini berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman terhadap manajemen dan kepemimpinan. Tidak jarang kegagalan pendidikan dan pembelajaran di suatu sekolah terjadi karena kurangnya pemahaman kepala sekolah terhadap tugas-tugas yang harus dilaksanakannya. Guru juga sangat berperan penting dalam mencapai tujuan pendidikan atau sekolah. Guru yang memiliki kreativitas yang baik turut mempengaruhi keberhasilan pendidikan atau keberhasilan peserta didik. Kreativitas guru berguna bagi peningkatan minat peserta didik terhadap mata pelajaran. Kreativitas guru juga berguna dalam transfer informasi lebih utuh dan dalam meransang kreativitas peserta didik untuk lebih berfikir secara ilmiah dalam mengamati gejala masyarakat atau gejala alam yang menjadi objek kajian dalam belajar. Kepala sekolah yang mampu melaksanakan gaya kepemimpinan partisipatis, konsultatif, delegatif, dan instruktif sesuai dengan situasi sekolah, memiliki keteladanan yang baik, menunjang kebijaksanaan dalam memimpin guru secara terbuka tentu akan dapat menunjang kreativitas guru sebagai pendidik. Kata kunci: Strategi, kepeminpinan, kepala sekolah, kreativitas guru