Detail Penelitian

Problematika Pendidikan Islam di PTAI dan Perguruan Tinggi Umum (PTU) serta Solusinya. Jurnal Menata Vol. III, No. 1 Ta 2020.


by Admin | 2 hari yang lalu | 116 Dilihat | Kategori : Kesehatan

Detail Penelitian
Peneliti Iswandi, M.A
Judul Penelitian Problematika Pendidikan Islam di PTAI dan Perguruan Tinggi Umum (PTU) serta Solusinya. Jurnal Menata Vol. III, No. 1 Ta 2020.
Tahun penelitian 2020
Jenis Penelitian Riset Terapan
Lokasi Penelitian Pasaman
Status Penelitian Sudah Selesai

Abstrak


pendidikan merupakan pembahasan yang sangat komplek dan mengurat tenaga dan pikiran. Baik buruknya suatu kualitas bangsa bergantung pada bagaimana pemerintah atau pengambil kebijakan dalam menata sistim politik pendidikannya. Berbicara masalah pendidikan, berarti berbicara tentang arah kemana dan apa yang menjadi target dari pendidikan tersebut. Dalam pengelolaan pendidikan, banyak stakeholder yang dapat terlibat dalam upaya perbaikan kualitas suatu lembaga maupun output dari lembaga yang dihasilkan. Kualitas manusia yang dihasilkan bergantung pada proses yang dilakukan, mulai dari komponen pendidikan yang terkecil sampai kepada komponen-komponen pendidikan yang lebih luas. Salah satu diantara lima komponen pendidikan yang menjadi kajian dalam perbaikan pendidikan khususnya di Indonesia adalah berkenaan dengan tujuan, mulai dari tujuan mata pelajaran, tujuan institusi, tujuan pemerintah dan tujuan lainnya yang menjadi harapan terbentuknya insan yang bertaqwa kepada tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan pembahasan yang telah dikemukakan di atas, tentang analisis terhadap permasalahan pendidikan Islam di PTAI dan perguruan tinggi umum (PTU) serta solusinya dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Dapat disimpulkan sebagai berikut: Kelemahan penyenggaraan Pendidikan Agama Islam pada PTAI, berupa: Masih lemahnya pengelolaan institusi sehingga berimbas pada pengelolaan, baik yang meliputi kurikulum, pengembangan di tengah-tengah masyarakat. Masih kurangnya fasilitas perkuliahan yang dapat mendukung pembelajaran. Pengelolaan yang masih belum transparan dan kesiapan lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan dunia kerja. Sedangkan Kelemahan penyenggaraan Pendidikan Agama Islam pada PTU, berupa: Pelaksanaan pembelajaran PAI yang sangat minim sehingga pemaham mahasiswa terhadap agamanya sangat dangkal. Pendekatan dalam pembelajaran masih sangat kurang menyentuh dengan sendi-sendi kehidupan soaial budaya. Masih melekatnya paradigma dikotomis dikalangan mahasiswa dan pengambil kebijakan di kampus terkait pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Pendidikan Islam, PTAI , PTU

Link Terkait