Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Leadership. Jurnal Menata Vol. III, No. 1 Ta 2020.
Peneliti | Yenni, M.AP |
Judul Penelitian | Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Leadership. Jurnal Menata Vol. III, No. 1 Ta 2020. |
Tahun penelitian | 2020 |
Jenis Penelitian | Riset Terapan |
Lokasi Penelitian | Pasaman |
Status Penelitian | Sudah Selesai |
Abstrak
Pelayanan publik menjadi isu kebijakan yang semakin strategis karena perbaikan pelayanan publik di Indonesia cenderung “berjalan di tempat” sedangkan implikasinya sangatlah luas dalam kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya dan lain-lain. Di era otonomi daerah, keberhasilan daerah otonom di dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik terletak pada peran seorang pemimpin, terutama kepala daerah atau kepala wilayah. Gaya atau perilaku kepemimpinan seorang kepala daerah atau wilayah akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik, mengingat di era reformasi seperti sekarang ini, masyarakat semakin cerdas dan kritis dalam melihat dan merespon serta mensikapi segala bentuk implementasi pelayanan publik yang wajib diberikan pemerintah kepada masyarakat. Oleh Karena itu, artikel ini membahas tentang bagaimana peran pemimpin dalam pelayanan publik yang berkualitas yang dapat dilakukan salah satunya dengan Mendengarkan Pelanggan “Leaders Listen”. Pelayanan publik merupakan pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang lebih ditetapkan. Untuk melakukan pelayanan publik yang berkualitas, peran pemimpin tidak cukup hanya dengan memperhatikan bawahan atau yang bersifat intern, tetapi juga pemimpin harus respek dengan lingkungan luar terutama terhadap pelanggan / masyarakat. Kualitas pelayanan publik hanya akan diwujudkan, jika di dalam organisasi pelayanan terdapat sistem pelayanan yang mengutamakan kepentingan warga negara, khususnya pengguna jasa pelayanan dan sumber daya manusia yang berorientasi pada kepentingan warga negara / masyarakat. Pemimpin yang mengutamakan kepentingan masyarakat adalah pemimpin yang mau mendengar dan menerima masukan, kritikan maupun pujian dari masyarakat. Hal ini akan mendorong peningkatan pelayanan publik dan akan menghasilkan pelayanan publik yang berkualitas. Kata kunci: Kepemimpinan, Pelayanan Publik, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik.