KETELADANAN DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI PADANG DALAM MENINGKATKAN MUTU KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA (STUDI ANALISIS PERAN PENDIDIK SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK WATAK GENERASI SUMATERA BARAT)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengidentifikasi keteladanan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang sebagai pendidik dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar mahasiswa, 2) Menganalisis kontribusi keteladanan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang terhadap mutu kegiata . . . . . . . . . .

Read More


PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SARANA PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA

Berdasarkan pengamatan dan observasi yang dilakukan mengenai lingkungan belajar, ada beberapa kelompok beranggotakan mahasiswa Program Studi Seni Rupa bergabung menjadi sebuah kelompok yang melakukan kegiatan di bidang seni, dimana kelompok tersebut mempunyai jadwal kegiatan seperti pameran, me . . . . . . . . . .

Read More


Implementasi Lesson Study Berbasis Tutor Teman Sebaya Untuk Pemberdayaan Komunitas Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Pasaman Barat

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran lesson study dengan memfasilitasi tumbuhnya komunitas belajar melalui tutor teman sebaya pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningk . . . . . . . . . .

Read More



Pengembangan Framework Paedagogi untuk Guru Kejuruan di Indonesia dan Malaysia (Vocational Pedagogy Framework Development for Malaysian and Indonesian TVET Teachers)

Di kalangan dunia internasional, pendidikan dan pelatihan teknologi dan kejuruan atau Technical and Vocational Education and Training (TVET) memiliki peran kunci dalam meningkatkan pertumbuhan sosialekonomi, meningkatkan produktivitas, memberdayakan masyarakat, dan mengentaskan kemiskinan. . . . . . . . . . .

Read More



PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN GAME MENGGUNAKAN SCIENTIFIC MODEL UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL SISWA SMA

Rendahnya critical thinking skill dan hasil belajar siswa SMA diprediksi disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan guru belum mendorong tumbuh kembangnya critical thinking siswa. Critical thinking skill merupakan kunci keberhasilan akademik seorang siswa. Kemampuan berpik . . . . . . . . . .

Read More


PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERORIENTASI STUDENT CENTER LEARNING (SCL) DALAM PENINGKATAN PENALARAN MORAL DAN KETERAMPILAN BELAJAR MAHASISWA

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan penalaran moral dan keterampilan belajar mahasiswa. Penelitian ini mengkaji (1) profil keterampilan belajar mahasiswa FIP UNP, (2) profil penalaran moral mahasiswa FIP UNP dalam perilaku prososial, (3) profil prokrastinasi akademik mahasiswa FIP UNP. Pe . . . . . . . . . .

Read More




Link Terkait